Hidupmu Tidak Semalang Pikiranmu

sungai

Santai bro.. jangan pernah merasa diri ente paling buruk, paling malang dan kemungkinan lainnya yang ente rasa paling negatif di antara manusia yang lainnya. Ingat.. setiap manusia diciptakan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi jangan juga terlalu membusungkan dada alias somse. Mentang-mentang merasa ada yang lebih buruk dari ente terus ente jadi besar kepala.. ckckckck.. ironis banget kalau ente termasuk dalam golongan orang-orang yang memiliki cara pandang seperti itu. Penyakit manusia sih sebenernya cuma satu, gak pernah mau introspeksi plus gak suka terima kritikan dari orang lain. Jujur hayooo… siapa yang gak suka kalau dapet kritikan dari orang lain?? Yang ada di pikiran  ente nyangkanya orang yang ngasih kritik itu iri sama ente.. Eittt… nanti dulu, bisa jadi praduga tak bersalah itu bener tapi bisa juga ente yang malah su’udzon.

Kebanyakan dari kita hanya bisa melihat kekurangan orang lain dan jarang ada yang ‘ngeh’ dengan kekurangan dirinya sendiri. Parahnya lagi kurang rasa syukur kepada Sang Pencipta. Hari ini kita masih diberikan nafas, mata masih bisa melihat, hidung masih bisa menghirup udara dan anggota badan lain yang masih memiliki fungsi normal tapi itu semua seakan bukan sesuatu yang berharga dalam hidup. Dan untuk beberapa manusia masih saja berusaha untuk merubah yang sudah ada. Alasannya karena ingin penampilannya lebih keren dan terlihat lebih baik di mata orang lain.

Kalau ane sih kembalikan lagi itu hak masing-masing orang mau menjalankan pilihan hidup yang mana. Toh pada akhirnya kita semua akan kembali pada Sang Pencipta. Ini juga bagi yang meyakini adanya Sang Pencipta lho… Tapi disini ane cuma mau menyampaikan bahwa dunia ini fana alias tidak kekal. Apapun yang ente miliki di dunia ini cuma sementara sifatnya. Termasuk masalah hidup yang ente bahkan ane hadapi sifatnya juga hanya sementara. Sebagai makhluk ciptaan yang paling sempurna, rugi kalau kita berniat mengakhiri hidup hanya untuk menghindari masalah dunia. Padahal kebanyakan masalah yang kita hadapi itu juga disebabkan karena tindakan atau pilihan kita sendiri… Coba deh direnungi sejenak sama ente.

Mengeluh punya banyak hutang dan menyalahkan keadaan karena tidak sanggup melunasi sampai akhirnya ambil jalan pintas untuk korupsi atau mencuri dan bahkan bunuh diri… Ckckck… padahal hutang itu timbul karena ulah kita sendiri yang memiliki gaya hidup tinggi sementara pendapatan pas-pasan alhasil kepala pening gali lubang tutup lubang untuk melunasi hutang, stress terus sakit berkepanjangan. Itu fenomena manusia sekarang bro… Lebih memilih tidak makan daripada harus dicibir orang lain.

Lebih baik dinilai kere tapi hidup tenang dan penuh kesyukuran. Ups… maaf ya teman, ini sama sekali tidak bermaksud untuk ‘menyentil’ kehidupan seseorang. Ane cuma melihat hidup secara nyata. Ane pribadi juga tidak sepenuhnya benar tapi disini ane terus belajar untuk menjadi individu yang lebih baik dan bijak. Yuk teman-teman, sama-sama kita perbaiki kualitas hidup kita masing-masing supaya kita memiliki bekal sebelum menghadap-Nya.

*By Dita Gita Listian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: